Selasa, 11 Agustus 2015

Berlatih Menuliskan Klasifikasi dalam Laporan

LEMBAR  KERJA  SISWA
A.Pengantar:
Pembelajaran yang lalu telah dapat 1)membedakan deskripsi dan laporan 2)membaca teks yang di dalamnya terdapat klasifikasi yang diikuti aspek – yang merupakan contoh teks laporan, sehingga kalian telah 3)mengenal struktur teks laporan.
B.Pemantau
Siswa dapat menuliskan tempat belajar di rumah, tempat belajar di sekolah, ruang laboratorium, lapangan sepak bola, lapangan basket
Siswa dapat melaporkan secara tertulis apa yang dilihat, apa yang diingat, apa yang berkesan
C.Pembahasan saat ini
Pembahasan saat ini adalah berlatih menulis laporan (sederhana) dengan mencari, menemukan, merinci topik yang bisa dikembangkan dalam teks laporan. Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menampilkan kata umum dan kata khusus yang pernah dipelajari dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
D.Contoh
kata : alat tulis  apa kata khususnya?jawab: alat tulis: pena, pensil, penghapus, penggaris
carilah contoh lain!
alat transportasi  Jawab: transportasi darat, transportasi laut, transportasi udara

LANGKAH KERJA
1.Mengerjakan hasil menghimpun kata dalam bentuk kolom.
-kerjakan penemuan kata umum dan kata khusus itu dalam bentuk kolom-

 Memanfaatkan kata yang ditemukan untuk disusun menjadi teks laporan
.
Perhatikan teks berikut!
Melambungnya harga di pasaran saat ini terasa oleh pengusaha kecil. Pengusaha makanan rakyat seperti bakso misalnya mengeluh karena pasokan daging semakin menipis, bahkan hilang di pasaran. Kalau pun ada, harga daging semakin tinggi. Tingginya harga daging akan berpengaruh kepada daya beli masyarakat. Pedagang bakso akan berpikir keras, bagaimana agar pelanggan tidak hilang dengan naiknya harga daging ini. Persoalan ekonomi di era kepemimpinan presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla ini menambah buruk nasib rakyat yang memilihnya, selain naiknya kurs Dolar terhadap Rupiah yang mencapai Rp 15.000,00 semakin sulit dan menekan kepentingan masyarakat. Hal ini akan berpengaruh terhadap kepercayaan rakyat terhadap kepemimpinan Jokowi-JK.
2.Temukan masalah yang dibahas pada teks di atas, manakah 1)klasifikasi dan manakah 2)aspek

3.Berlatih menulis menggunakan klasifikasi dan aspek dalam teks laporan. Lanjutkan kalimat berikut ini!


Pelajar yang memilih sekolah di SMAN2 Kotabumi datang dari berbagai wilayah di Lampung Utara. Ada beberapa faktor mereka memilih sekolah di SMAN2 Kotabumi. Fakto-faktor yang menjadi pertimbangan diantaranya ……..

Makanan yang disajikan di kantin sekolah sangat beragam. Makanan itu bisa dikelompokkan pada beberapa jenis, yaitu ……..

Aturan tata tertib siswa disusun untuk kebaikan bersama, baik kepentingan siswa maupun kepentingan secara luas dalam keberhasilan pendidikan. Atura itu mengatur beberapa hal secara garis besar yaitu …., selanjutnya dirinci dalam masalah khusus yaitu ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar