Rabu, 16 November 2016

Berlatih merencanakan membuat laporan peristiwa



Laporan
Berlatih merencanakan membuat laporan peristiwa
Pengantar:
Pembelajaran Bahasa Indonesia pada waktu yang lalu membahas laporan yang di dalamnya diuraikan mengenai 1)definisi dan 2)deskripsi. Definisi berupaya menjelaskan objeknya, sedangkan deskripsi memberikan penjelasan lebih luas.  Pada definisi kita bisa membalik seperti  sebuah rumus 3=2+1, tetapi dalam deskripsi hal itu tidak bisa kita lakukan, karena deskripsi merupakan keterangan atau penjelasan secara umum.
Perhatikan,! (1)Harimau adalah binatang pemangsa dan pemakan daging. (2)Harimau adalah binatang buas yang hidup di hutan, yang memangsa binatang  lainnya, hidup bergerombol dengan komunitasnya.Bisa membedakan manakah yang definisi dan manakah deskripsi?
Cobalah sekarang! Ketika kereta melintas, di palang pintu tertutup di jalan biasanya berkumpul mobil, sepeda motor dan alat transportasi darat yang lain berhenti menunggu lewatnya kereta tersebut.  Orang yang ada di sana merupakan kumpulan. Anda berada di kantin, duduk bersamaan dengan teman yang lain yang sedang makan. Anda di kelas berkumpul mengerjakan  tugas secara bersama, di sana anda berkumpul dengan teman satu kelas. Pada peristiwa itu ada himpunan orang orang. Bisakan anda mendefinisikan perbedaan kata 1)kumpulan 2)kelompok 3)gerombolan  4)persatuan
Arahan kegiatan
Pada kegiatan Smanda Ekspo  yang lalu anda menyaksikan peristiwa peristiwa. Mulai dengan peresmian acara, kegiatan lomba, tampilan atraksi. Apa yang anda lihat itu bisakan didekskripsikan berupa laporan?
Laporan adalah tulisan berupa hasil yang dilihat atau dilakukan pada kegiatan tertentu. Di dalam laporan tidak hanya peristiwanya yang ditulis, melainkan rincian peristiwa dan hal yang unik atau istimewa di dalamnya.  Laporan yang bisa kita tulis di antaranya: laporan kerja di laboratorium, laporan kunjungan, laporan pengumpulan informasi (bertanya jawab dengan seseorang) Manakah yang pernah anda lakukan?
Sebelum melakukan penulisan laporan, kita bisa merencanakan kegiatan, apa kegiatannya, siapa sasarannya, apa saja yang diperlukan untuk menyelesaikan laporan itu. Rencana tulisan itu disebut  kerangka tulisan atau draf. Dengan rencana itu memudahkan kita untuk menyusun pertanyaan untuk menggali informasi.
Cobalah anda melakukan perencanaan untuk mengorek pendapat atau ide seseorang untuk menyelesaikan sebuah masalah. Misalnya, sekolah kita ada kantin, banyak yang makan yang dikemas hingga menimbulkan sampah. Bagaimana anda merencanakan laporan, siapa yang ditanya, apa pertanyaannya, apa saja problem adanya sampah ini. Berkaitan dengan pelajaran apa yang berbicara tentang sampah ini. Buatlah dan tulislah pertanyaan-pertanyaan itu. (bisa juga mengamati gambar yang berkaitan dengan kehidupan, misalnya padanya penduduk,  fasiitas mandi-cuci-kakus yang tidak memadai, kerawanan banjir dan sebagainya)
Selamat mengerjakan!

Kelas X IPA 1, X IPA2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar