Kamis, 06 Oktober 2016

Memproduksi Teks Berita

Memproduksi Teks Berita
 
Pengantar
Pada pembelajaran yang lalu telah kita telah membahas teks berita yakni: mengenali struktur teks berita, mengevaluasi atau menilai, kemudian menginterpretasikan/menafsirkan teks berita. Sekarang kita berlatih untuk memproduksi atau menghasilkan tulisan berupa teks berita.
Apa berita itu? Berita adalah informasi yang dikemas dalam bentuk wacana yang di dalamnya ada rangkaian peristiwa, dengan membacanya kita bisa mengetahui di mana peristiwa itu, siapa yang berperan di dalamnya, apa yang terjadi, bagaimana kejadiannya, kapan dan   mengapa sampai terjadi peristiwa itu. (5W1H). Ketika kita membaca berita, kita bisa mempertimbangkan kelayakan berita itu, kita bisa menguji benarkah berita itu dengan melihat dari mana sumber itu diperoleh, siapa yang menjadi nara sumber dalam pengumpulan data informasi, layakkah atau berkewenangan memberikan informasi itu. Oleh karena itu keakuratan berita menjadi penimbang suatu informasi itu layak dan benar dipercaya.

Langkah kerja
Cermatilah peristiwa yang terjadi di lingkuganmu. Misalnya peristiwa yang terjadi di lingkungan tempat tinggalmu, peristiwa di sekolah atau di tempat yang lain.
Peristiwa yang baru terjadi di sekolah kita bulan Oktober ini, peringatan Tahun Baru Hijriyah yang diselenggarakan di lapangan olah raga pada hari Rabu 5 Oktober 2016. Apa saja acara yang diselenggarakan oleh sekolah? Dari mana informasi itu diperoleh? Periksa ulang keakuratan informasi itu. Kemudian data yang diperoleh dikumpulkan, dipilah dan digunakan sebagai bahan penulisan berita. Mulailah merancang tulisan itu. Diskusikan dengan teman, mintalah masukan, usulan  setelah naskah berita dibuat. Jika perlu perbaikan, lakukanlah revisi atau pengeditan naskah berita. Selamat mencoba, berlatih menulis berita berdasarkan informasi yang diperoleh.


Bahan yang bisa dijadikan tulisan.
Informasi apa saja yang dikumpulan? Apa saja acara ? Cabang lomba apa saja yang diselenggarakan? Jika ada ceramah, siapa yang menyampaikan, siapa saja yang diundang, seberapa banyak yang hadir, bagaimana tanggapan atau respon yang hadir.

Bagaimana membuat judul berita?
Judul berita adalah informasi awal kepada pembaca. Judul yang baik adalah judul yang komunikatif dan tidak menimbulkan salah makna. Judul harus mewakili isi berita, pilihlah kata yang efektif, singkat padat dan menarik perhatian.

Materi pembelajaran Bahasa Indonesia
Kelas XII semester 1
KD memproduksi teks berita
File: d:\memproduksi teks berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar