Kamis, 29 September 2016

Menemukan Informasi Teks melalui Pertanyaan

Latihan tugas siswa
Buatlah pertanyaan berdasarkan jawaban pada teks!
Bacalah teks kedua, kerjakan dengan hal yang serupa.
Buatlah ringkasan isi terhadap dua teks tersebut.

Dubes Rusia: Media Berperan Penting dalam Mewujudkan Perdamaian

Nurul Basmalah
6 September 2016

Liputan6.com, Jakarta - Meningkatnya angka kematian karena konflik yang melanda suatu wilayah, membuat keresahan di berbagai kalangan. Hal tersebut juga mengidentifikasikan bahwa dunia semakin tidak aman.

Tindakan kriminalisasi, terorisme, dan peperangan saudara, diduga menjadi salah satu penyebab terbesar tingginya angka kematian itu.
Laporan mengenai keadaan mengkhawatirkan di daerah konflik seperti di Timur Tengah, tak luput dari 'mata' media lokal maupun internasional.

Media, baik itu cetak atau daring, memiliki peran yang penting dalam mendukung perdamaian di dunia.

"Media memiliki peran yang penting dalam mewujudkan perdamaian dunia. Mereka menyampaikan apa yang sebenarnya terjadi di lapangan," kata Duta Besar Federasi Rusia untuk Indonesia, Mikhail Galuzin.
Ditemui saat menghadiri acara diskusi bersama Radio Republik Indonesia Diplomatic Forum bertajuk 'The Role of Media In Creating Peaceful World', Galuzin mengatakan bahwa perdamaian dunia tidak akan dapat dicapai jika hanya berteori saja.

"Tantangan terberat dalam mewujudkan perdamaian dunia adalah kurangnya aksi yang dilakukan selama ini. Terlalu banyak teori," ucap Dubes itu kepada tim Liputan6.com, Selasa (6/9/2016).

"... Media Barat terkesan membuat pemberitaan yang memberatkan Rusia. Kami hanya mencoba untuk meringankan tegangan yang terjadi di Suriah. Tapi mereka tidak memberitakan informasi itu secara subjektif," tutur Gazulin.
   

Memperkokoh Budaya Maritim
PADANG – Presiden Joko Widodo membuka Latihan Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 di Sumbar dari 12 hingga 16 April. Melalui MNEK budaya maritim akan semakin kokoh.
Dalam sambutannya, Selasa, Jokowi menyebut bantuan kemanusiaan itu sangat dibutuhkan sehingga dibutuhkan latihan operasi militer selain perang yang akan maksimal apabila tidak dilakukan sendiri.
“Dalam pelaksanaannya dibutuhkan negara sahabat yang membentang dari Samudera Pasifik hingga Samudera Hindia, budaya maritim akan semakin kokoh” kata Jokowi.
Komodo 2016 akan menggelar beberapa rangkaian kegiatan, antara lain skenario latihan misi kemanusiaan. Sebelumnya dalam rangkaian MNEK, sudah digelar seminar sehari di Auditoriu Gubernuran.
Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan Komodo 2016 menunjukkan kesiapan Angkatan Laut negara peserta dalam mengemban tugas, meningkatkan kerjasama, perdamaian dan bantuan kemanusiaan.
“Selain itu kegiatan ini juga menguatkan diplomasi angkatan laut,” kata dia.
Menurut dia, kegiatan ini juga akan memperkuat tali persaudaraan antara masyarakat Sumatera Barat dengan delegasi masing-masing negara.
“Kegiatan ini tidak hanya di atas kapal namun juga ada kegiatan sosial dan delegasi akan langsung berbaur dengan masyarakat,” kata dia.
Gubernur Irwan Prayitno secara terpisah mengaku dengan pelaksanaan MNEK 2016 di Sumbar menjadi momen penting bagi Sumbar untuk dikenal dunia. Adanya MNEK sekaligus mempromosikan Sumbar terhadap dunia internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar