Rabu, 24 Agustus 2016

Mengurai Teks Berita menurut Struktur Teks



Mengurai teks berita menurut struktur teksnya.

Pengantar: Pada pelajaran yang lalu telah kita kenali peristiwa, dari peristiwa bisa disajikan menjadi berita. Tetapi tidak semua peristiwa bisa dijadikan berita, ada beberapa syarat peristiwa bisa jadi berita, masih ingatkah? Dengan membaca berita kita menjadi tambah pengetahuan, dan ini menguntungkan kita untuk memotivasi dalam mencapai cita-cita dan pencitraan diri. Sekarang mari kita membaca teks yang tersaji pada buku paket berjudul “Kencan Diplomatik 505 Kilometer Per Jam” tersaji dalam 15 paragraf, bacalah dan pahamilah isinya.
Tugas 1: Setelah membaca teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
1.Teknologi tercanggih apa yang dimaksud oleh Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe?
2.Apa yang ditawarkan pemerintah Jepang kepada Amerika Serikat dalam pertemuan tersebut?
3.Apa alasan sehingga kereta api itu disebut sebagai kereta api canggih?
Tugas 2: Mengurai teks berita menurut struktur teksnya.
Orientasi berita merupakan pembuka tentang hal yang akan diberitakan: 1) ada berapa orang dan siapa dia, melakukan apa 2)apa yang disepakati 3)kapan dilakukan
Peristiwa merupakan tahap inti dari berita, Pada tahap ini berita dinarasikan sedemikian rupa sehingga tersaji beberapa fakta yang dimunculkan kemudian. Hal ini terlihat pada paragraf berapa? Hingga paragraf ke berapa?
Sumber berita berisi referensi dari narasumber di dalam berita. Sebutkan keempat sumber berita itu!
Tugas 3: Baca ulang teks berita tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
Perhatikan judul teks tersebut, tulis ulang judul itu! Cermati judul itu, apakah judul itu telah menggambarkan secara implisit/tersirat isi berita? Apakah judul itu terlalu panjang? Judul yang baik itu seperti apa? Perhatikan cara penulisan judul, cara memilih huruf, bisakah ditangkap informasi telegrafik berita dari judul? Apa yang dimaksud dengan “kencan”?
Tugas 4: menemukan nilai berita
Nilai berita merupkan acuan yang dapat digunakan oleh para jurnalis untuk memutuskan fakta yang pantas dijadikan berita dan memilih mana yang lebih baik. Apa yang dinilai “luar biasa” dari berita itu? Adakah sesuatu yanag “baru” ? adakah dampak dengan diberita hal itu? Jika ada dampak, dampaknya itu pada hal apa saja? Kedekatan geografis, muncul pro dan kontra, menyulut atau tidak terhadap konflik yang ada, siapa saja yang terlibat adanya dampak itu?
Tugas 5: menemukan letak paragraf pada  kalimat (yang dikutip), lihat pada buku paket!
Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api magnetik supercepat yang akan ditawarkan kepada Amerika Serikat (pada paragraf berapa ? )
Menurut operator KA spesial ini, Central Japan Railway, pada saat uji coba tahun 2003 silam, kecepatan maksimum KA tersebut mencapai 581 km per jam. (pada paragraf berapa ? )
Panduan: berikutnya akan mempelajari peran nomina dalam posisi kalimat (subjek, objek)
Untuk kelas XII IPS 3 senin 22 Agustus 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar