Kamis, 11 Agustus 2016

Gabungan Kata



Gabungan Kata
(kelompok kata, frasa)
Pengantar: Uraian ini dibuat untuk memudahkan mempelajari sajian pada buku paket bahasa Indonesia (halaman 19) kelas XII semester 1 pembahasan ‘Gabungan Kata’
Gabungan kata adalah dua kata atau lebih yang menempati  salah satu fungsi dalam kalimat. Gabungan kata adalah bagian dari kalimat yang bisa berkedudukan sebagai subjek, atau sebagai objek atau sebagai keterangan. Gabungan kata tidak membentuk kalimat tersendiri, dalam arti dia tidak berkedudukan sebagai subjek dan predikat.
Bedakan mana kalimat dan mana gabungan kata
  1. Petani makan.
  2. Nelayan bekerja.
  3. Pelajar belajar
  4. Adik menari
  5. Perahu karet
  6. Jala ikan
  7. Buku gambar
  8. Pakaian seragam sekolah
Ingat: kalimat itu terdiri dari subjek dan predikat, sedangkan gabungan kata hanya menempati fungsi sebagai subjek (saja) atau predikat (saja)
Mari menandai gabungan kata (dengan cara melingkari atau menggarisbawahi)
Nelayan pantai laut utara menghiasi perahunya dengan bendera merah putih untuk menyambut perangingatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia.
Buruh pabrik tekstil di Bandung Selatan menuntut diberikan istirahat kerja dua periode  dalam sehari agar leluasa melakukan ibadah bersama di tempat kerjanya.
Gabungan kata ada yang berupa Verba atau kata kerja, ada pula berupa Nomina atau kata benda atau diperlakukan sebagai benda.
Dokter muda pulang pergi ke tempat kerja menggunakan kendaraan umum.
Verba: pulang pergi,
Nomina: dokter muda, tempat kerja, kendaraan umum
Gabungan kata berupa Verba  dan Nomina dilihat pola hubungannya dikelompokkan menjadi tiga yaitu modifikatif,koordinatif,apositif. Apa maksud ketiga istilah ini?
Modifikatif nama lainnya pewatasan artinya memberi penjelasan pada kata yang disebut lebih dahulu. Koordinatif artinya kedua kata yang ditampilkan tidak saling memberi keterangan atau disebut juga sejajar. Apositif yaitu memberi keterangan atau penjelasan.
Perhatikan contoh berikut:
Dokter ahli jantung itu meminta pasien menghirup udara panjang panjang.
Dokter ahli jantung: dokter (yang dijelaskan) ahli jantung (yang menjelaskan)
Keluarga pasien hilir mudik  di luar  kamar periksa  karena gelisah.
Hilir mudik: kedua kata ini tidak saling menjelaskan, mana yang penting hilir atau mudik? Ternyata semua penting.
Dokter yang telah menyelesaikan kuliahnya lima tahun  itu, mengumpulkan informasi untuk pertimbangan menentukan diagnosa yang tepat atas diri pasiennya.
Dokter: yang diberi penjelasan
Yang telah menyelesaikan kuliahnya lima tahun: penjelasan untuk kata dokter  tadi.
Tugas: Temukan gabungan kata verba dan kata nomina bersumber pada teks “Hari Buruh” atau “Terbentuknya ASEAN”  dan kelompokkan menjadi tiga yaitu modifikatif,koordinatif,apositif .
Kelompok
Nomina
Verba
Modifikatif


Kordinatif


apositif



Tidak ada komentar:

Posting Komentar