Selasa, 23 September 2014

Struktur Teks Eksposisi

Pengantar
Peserta didik tentu telah membaca teks "Ekonomi Indonesia akan Melampaui Jerman dan Inggris" pada Tugas 2 halaman 72-74 Buku Bahasa Indonesia X Kurikulum 2013.
Ingat kembali struktur teks eksposisi pada sajian itu, yakni !)pernyataan pendapat/tesis 2)alasan/argumentasi,dan 3)penegasan ulang pendapat
Berikut ini ada tiga pelatihan yang akan kita lakukan. Cermatilah langkah-langkahnya.

Pelatihan 1
Bacalah teks "Manfaat Jamu Tradisional" pada tugas 4 halaman 79-81 ikuti langkah yang dipandu pada buku tersebut agar lebih memahaminya.

Pelatihan 2
Bacalah sajian teks ini. Teks ini sengaja ditulis tanpa pembatas paragraf. Pilahlah manakah bagian pernyataan pendapat dan manakah bagian argumentasi.

Laci meja belajar di kelas kini sarat berbagai sampah. Ada sampah kertas potongan buku, sampah pembungkus permen, bahkan gelas plastik minuman. Mengapa mereka lebih suka meletakkan sampah di laci meja. Alasannya tentu mudah dan murah, tak harus membuang energi berjalan mencari tempat sampah dan membuang di tempat sampah itu. Apakah kondisi seperti ini baik untuk ukuran pelajar? Rasanya kurang sedap jika pelajar tidak memahami tentang kebersihan. Hal ini tentu berkaitan dengan kebiasaan pribadi,cintakah dia dengan kebersihan. Agar tertanam kebiasaan yang baik perlu pembiasaan   sikap  memperlakukan sampah dengan baik.

Pelatihan 3
Buatlah teks eksposisi dengan memilih satu tema berikut ini.

Memilih Acara Televisi yang Sehat dan Mendidik
Waktu Terbaik untuk Belajar
Menghemat Energi Listri di Rumah
Manfaat Olahraga

Pengembangan Diskusi
Bagaimana komentar anda terhadap pernyataan bahwa manusia itu berasal dari kera?

Carilah informasi tokoh muda yang peduli lingkungan, tulislah sosok itu, publikasikah melalui majalah dinding kelas.
(Pernahkah menyaksikan sekelompok siswa SMAN 11 Bandung yang mengelola sampah, bahkan ketua kelompoknya dijuluki "Ratu Sampah", tayang Kick Andy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar