Rabu, 09 Agustus 2017

Menulis Teks Sejarah Lokal secara berkelompok


Memproduksi teks cerita sejarah secara bersama

Dalam membuat  teks cerita sejarah, ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan. Langkah pertama, kalia  harus menentukan peristiwa sejarah apa yang akan kalian angkat menjadi sebuah teks. Setidaknya kalian harus mencari tahu terlebih dahulu apa peristiwa yang akan diceritakan, siapa pelaku sejarahnya, kapan dan di mana peristiwa itu terjadi, mengapa peristiwa tersebut  bisa terjadi, dan bagaimana kejadiannya.
Setelah itu, kalian bisa mengumpulkan berbagai sumber sejarah yang primer berdasarkan saksi mata peristiwa maupun  dalam bentuk dokumentasi.  Satu hal yang perlu kalian ingat bahwa peristiwa sejarah harus disesuaikan dengan kisah nyata. Berikutnya, data yang kalian peroleh harus diverifikasi terlebilh dahulu berdasarkan keaslian dan kesahihan sumber data yang kalian peroleh. Selanjutnya, kalian bisa membuat teks cerita sejarah yang kalian inginkan dengan melakukan pembabakan peristiwa agar informasi yang kalian utarakan tidak rancu.

Beberapa alternatif rencana penulisan ini misalnya, sejarah berdirinya sekolah SMAN2 yang dahulu dikenal dengan sebutan SMA Jalawiyata, sejarah berdirinya masjid Istiqomah desa Sawojajar kecamatan Kotabumi Utara, sejarah pemukiman pensiunan Angkatan Laut di wilayah kabupaten Lampung Utara.

Buatlah secara berkelompok teks sejarah dengan objek yang disepakati bersama, bagilah tugas masing-masing siapa yang mengumpulkan data, siapa yang melalukan wawancara, siapa yang menulis, menyusun ulang, mengedit naskah. Setelah selesai dipresentasikan di depan kelas dan dikumpulkan sebagai tugas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar