Minggu, 15 Januari 2017

Menulis Surat Negosiasi



Negosiasi  melalui surat menyurat

Untuk kelas X
Tugas 1: cermati dan bacalah konsep surat berikut ini, tulislah ulang surat ini dengan memperhatikan tatacara penulisan surat yang  biasa dibuat.

Yth. Tuan Henry Tompsons Dengan hormat,   Dengan surat ini saya ingin mengajak Tuan untuk bekerja sama. Saya mempunyai kain batik tulis yang berkualitas dengan harga yang murah. Berikut ini saya kirimkan beberapa contoh kain tersebut beserta daftar harganya.   Apabila Tuan tertarik, saya mengharapkan Tuan untuk mengajukan permintaan. Saya akan memberikan potongan harga yang menarik apabila Tuan membeli lebih dari seratus kodi.   Demikian surat penawaran saya. Saya berharap kita dapat bekerja sama dalam waktu yang tidak terlalu lama.Jakarta, 5 Februari 2013 Hormat saya, Haji Fathoni

Tugas 2: berperanlah anda sebagai pengusaha yang bergerak penjualan pakaian, balaslah surat  di atas dengan cara memesan barang yang ditawarkannya. Tentukan jumlah yang dipesan, bagaimana cara pengiriman yang anda inginkan, dan jika anda beringinan menawar harga yang lebih murah atau persyaratan diperingan ajukan dalam surat  pemesanan tersebut.

Tugas 3: berperanlah sebagai siswa. Sekolah anda menentukan pakaian seragam batik sebagai ciri khas sekolah yang ada di provinsi Lampung. Sekolah menyediakan pakaian itu dengan harga Rp 200.000 satu setel dalam bentuk pakaian yang telah dijahit dengan ukuran umum.
Buatlah surat negosiasi terhadap hal itu, anda bisa melakukan negosiasi dari segi harga, dari segi cara pembayaran, atau mengusulkan dengan cara pembelian. Gunakan argumentasi yang tepat untuk menguatkan negosiasi anda itu. Tulislah berupa surat yang ditujukan kepada pengelola sekolah, dari anda selaku siswa. Perhatikan tata cara penulisan surat yang lazim digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar