Selasa, 24 Januari 2017

Debat: beradu argumentasi menawarkan solusi atas suatu masalah



materi untuk kelas X
Contoh isian Rancangan pidato/berbicara dalam debat
Pembukaan

Moral atau tingkah laku sangat penting dalam kehidupan berbangsa

Klarifikasi
Latar belakang
Meningkatkan kejahatan terjadi di masyarakat berupa pencurian, pemerkosaah, hingga pembunuhan

Definisi
Kejahatan adalah perilaku menyimpang yang dilakukan oleh orang atau sekelompok orang yang tindakan itu merugikan orang lain secara pribadi/masyarakat.


Garis tujuan
Tim kami menginginkan agar tindakan kejahatan ini disikapi dengan baik hingga angka kejahatan ini menurun hingga masyarakat tidak menjadi resah.
Rincian uraian pokok
Kejahatan yang terjadi akan menjadikan ancaman secara pribadi dan secara masyarakat hingga menimbulkan keresahan, kegelisahan, ketidaktenteraman, jika tidak disikapi oleh pemerintah/penguasa/pihak yang berkompeten akan memancing tindakan kriminal baru berupa perkelahian massal yang lebih parah akibatnya.


Pernyataan utama yang diunggah
Kejahatan itu merugikan semua pihak, oleh karena itu harus dihadapi secara bersama dengan cara yang baik.

Rincian pernyataan pentingnya dibicarakan secara umum1


Pada kesempatan ini tim kami akan membicarakan penangan kejahatan mulai dari latar; mengapa terjadinya kejahatan itu, faktor apa yang memicu terjadikan kejahatan itu, dan apa akibat jika berlaku pembiaran atas kejahatan itu; untuk itu tim kami akan merinci dalam 4 (empat) butir yakni tinjauan secara moral, legalitas, politik, dan ekonomi.


Pernyataaan mengapa ini penting dari segi2

Moral: Tingkah laku manusia itu selalu berpengaruh kepada yang lain, karena manusia itu makhluk sosial yang saling berhubungan saling ketergantungan oleh karena ini ada tatan yang dibuat, ada kesepakatan yang dihormati. Jika hal ini tidak berlangsung akan ada gejolak, ada dishormoni pada kominitas itu. maka nilai moral harus dijunjung tinggi.


Legalitas : masyarakat adalah bagian dari desa, dan seterusnya bagian dari wilayah yang bernama negara. Negara memiliki otorita dan kewenangan untuk mengatur. Jika terjadi penyimpangan seperti kejahatan ini negara memiliki legalitas untu mengambil tindangan sesuai yang diatur dalam undang undang atau aturan yang berlaku.


Politik: politik atau kekuasaan yang telah didistribukan kewenangannya menjadi kemudahan dalam mengelola perilaku yang ada di masyarakat. Perilaku yang baik dan perilaku yang menyimpang harus disikapi dengan bijak. Jika hal ini tidak terjadi, artinya adanya perlakukan yang dibedakan akan muncul sikap perlakuan tidak adil. Inilah yang berpengaruh dalam stabilitas politik suatu negara.


Ekonomi : ekonomi bagian kehidupan untuk kelangsungan hidup, sandang pangan papan bagian yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Saat upaya memperoleh barang ekonomi yang perlu perjuangan lalu terjadi ketidakadilan, pemaksaan/perampasan harta orang lain, maka secara ekonomi ada pihak yang dirugikan. Kerugian yang ditimbulkan ini akan mengganggu stabilitas sosial ekonomi. Maka penjagaan stabilitas ekonomi ini penting, hingga kejahatan harus bisa ditekan atau ditiadakan di masyarakat.


Pernyataan  3

Jalur mekanisme: langkah yang tepat menurut tim kami, adalah pertama penyadaran tentang hak dan kewajiban pada setiap orang atau warga negara, kedua pemberdayaan kemampuan masyarakat dengan memetakan potensi dan kemampuan masyarakat, berkerjasama dengan lembaga keuangan dalam permodalan dan bekerja sama dengan lembaga tenaga kerja untuk pelatihan keterampilan yang bisa dikembangkan secara ekonomi.



Pernyataan 4

Ke-tidak-efektif-an
Kejahatan yang makin rawan dan mengkhawatirkan mendorong kita untuk sesegera mungkin mengatasi, maka jangan tunda aksi kita dengan pertama kampanye ketertiban dan keamanan, anjuran untuk ronda atau jaga, dan secara pribadi menjaga dan meningkatkan keamanan di rumah dan di masyarakat.



Pernyataan  5
Kerugian di bidang politik
Tim kami beranggapan, adanya atau meningkatnya angka kejahatan akan merugikan secara politik, secara luas negara lain ragu ragu untuk menanamkan modalnya di Indonesia, kerena Indonesia dianggap sebagai negara yang kurang kondusip penanaman modal bagi mereka.

Kerugian di bidang ekonomi
Kemajuan ekonomi yang berdampak kesejahteraan bagi masyarakat akan terhambat, karena kejahatan ini akan menjadikan masyarakat ragu ragu melakukan aktivitas ekonomi karena terancam aksi kejahatan yang marak.


Solusi/penyelesaian
Yang ditawarkan
Status quo
Tim kami menyatakan, aksi kejahatan harus cepat ditanggulangi bersama pemerintah, masyarakat secara efektif dan terkontrol dan biaya yang memadai tanpa menyalahi hak asasi manusia

Penyanggah proposal
Revisi undang undang dengan menaikkan usia pelaku kejahatan yang berbuat kriminal bukan solusi tepat. Karena pengangan kejahatan ini bukan hanya masalah hukum melainkan berdampak secara lintas unsur yakni masalah sosial, kemanusiaan, ekonomi, yang harus ditinjau secara multidimensi hingga penangannya mendekati kebijaksanaan yang adil dan beradab sebagaimana falsafah negara kita Pancasila.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar