Kamis, 05 Januari 2017

Berlatih Berargumentasi



Membangun opini publik
Menemukan argumentasi pendukung pendapat pada tema wisata
Indonesia adalah surga sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme dari masa lalu. Ada begitu banyak tempat indah yang tersembunyi dan masih perawan. Sayangnya, tempat-tempat itu belum digarap serius sebagai tujuan wisata. Jangankan membuat program wisata yang kreatif, membangun prasaranya saja kerap tidak dilakukan pemerintah.
Dalam beberapa tahun terakhir, bahkan keindahan sejumlah tempat terancam oleh eksploitasi alam yang salah dan serakah. Padahal, dengan pariwisata, daerah bisa mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam selingkungannya.
Di kepulauan Togean, Sulawesi Tengah, ironi itu terpampang nyata. Kepulauan itu memiliki pantai-pantai molek, laut yang bening dan tenang, serta ikan berwarna warni yang menyelinap di antara terumbu karang indah. Menjelang senja, matahari menjadi bola merah yang ditelah laut jingga. Namun, di sana juga berlangsung perusakan alam yang kerap didukung para politikus. Mereka datang hanya pada saat kampanye untuk memancing suara, bahkan mempersilakan para nelayan mengebom terumbu karang. Keinginan pemerintah pusat menjadikannya sebagai taman nasional ditentang justru  oleh pemerintah daerah.
Halaman 5-6 buku paket bahasa Indonesia kelas 12 semester2
Latihan 1
Setelah membaca teks tersebut, jawablah pertanyaan berikut!
  1. Sebutkan dua hal yang saling bertentangan dalam pernyataan tersebut!
  2. Sebutkan pernyataan penulis tentang sesuatu dan sertakan argumentasi/alasan pendukungnya!
Latihan 2
Buka buku paket semester 2 kelas 12 halaman 9 butir (5) menandai setuju dan tidak setuju  pada kolom yang tersedia.
no
argumentasi
Setuju
Tidak setuju
1
Keindahan sejumlah tempat terancam oleh eksploitasi alam yang salah dan serakah


2
Dengan ribuan surga yang tersembunyi itu, pemerintah smeharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini.


3
Problem utama dari tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia adalah cceteknya kesadaran akan plotensi yang kita miliki.


4
Selain membangun infrastruktur dan sarana, pemerintah harus lebih serius memikirkan program program untuk membungkus potensi ini agar lebih menarik.



Latihan 3
Tulislah tempat wisata bendungan Wonomarto Kotabumi Utara, tawarkan kepada masyarakat berilah argumentasi penguat hingga pembaca tertarik untuk mendatanginya.
6 Januari 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar