Kamis, 27 Juli 2017

Teks Sejarah



Teks sejarah
Pengantar
Apa teks sejarah itu?  Peristiwa masa lalu disebut sejarah. Peristiwa-peristiwa masa lalu bisa disebut sejarah jika peristiwa itu memiliki nilai kepentingan pada suatu bangsa atau masyarakat tertentu. Kita yang bertindak sebagai pelaku atau sebagai saksi bisa dijadikan sumber rujukan, sumber informasi utama. Jika peristiwa itu ada yang mengabadikan dalam bentuk rekaman gambar, tulisan dalam koran yang terbit saat itu, itu pun bisa dijadikan sumber dokumen.
Dalam buku panduan siswa di tampilkan peristiwa 1) diperingatinya hari buruh dunia 2) berdirinya kelompok negara Asia tenggara 3) adanya penganugerahan hadiah Nobel 4) peristiwa pesta olahraga sepak bola.
Cermati teks itu sehingga kamu bisa mengenali struktur teks sejarah, dapat mengumpulkan informasi dari tiap paragraf, dan bisa menyusun teks sejarah berdasarkan peristiwa yang ada di sekitar kita.
Contoh yang sederhana, bagaimana berdirinya sekolah kita SMAN2 Kotabumi yang dulu disebut SMA Jalawiyata. Siapa yang kamu mintai keterangan tentang sejarah berdirinya sekolah ini, adakah kamu temukan dokumen pendukung. Apa manfaat tanda yang ditemukan di gedung sekolah berupa prasasti peresmian sekolah ini.
Bekerja secara kelompok untuk merencanakan membuat teks sejarah dengan topik tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar