Kamis, 27 Juli 2017

Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Sejarah



Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita Sejarah
Sudahkah kamu membaca teks yang dimaksud pada pembelajaran yang lalu, yakni membaca ‘Sejarah Hari Buruh’. Bagaimana peristiwa hingga Ada Hari Buruh yang diperingati oleh orang masa kini? Di mana peristiwa itu terjadi? Siapa saja atau pihak manakah  yang terlibat hingga terjadi peristiwa itu?
Ternyata untuk melacak jawaban atas pertanyaan itu, kita berkepentingan dengan butir pertanyaan yang dikenal dengan singkatan 5W 1H, apa itu? Mungkin yang pernah mengikuti bimbingan Jurnalistik sekolah, dalam menulis atau membuat berita misalnya, telah akrab dengan singkatan 5W 1H ini. Yakni,kata tanya dalam bahasa Inggris, yang jika diindonesiakan : apa, siapa, di mana, kapan,mengapa,bagaimana (What-Who-Where-When-Why-How).
Dengan informasi yang kita peroleh, dapat kita catat ulang dan diurutkan periistiwanya, hal ini dikenal dengan urutan secara kronologis.  Bagaimana pun teks yang tersaji selalu dimulai dengan memperkenalkan pokok pembicaraan pada bagian awal tulisan yang biasa disebut  Orientasi, setelah itu barulah diikuti peristiwa-peristiwa. Itulah Struktur Teks Cerita Sejarah.
Cobalah cermatik kembali teks ‘Sejarah Hari Buruh’ (di sini dikutip sebagian)
1.Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan May Day, dirayakan setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika Serikat yang menuntut pemberlakuan delalpan jam kerja. Federation of Organized Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era tersebut.
2.Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era industri di awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri menandakan perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara kapitalis Barat. Di Amerika Serikat misalnya,  pengetatan disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawanan dari kalangan kelas pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.
Kegiatan 1
Marilah belajar memanfaatkan kata tanya untuk menggali informasi atas sajian paragraf di atas.
A.Buatlah pertanyaan menggunakan kata tanya (apa, siapa, di mana, kapan,mengapa,bagaimana ) yang jawabannya terdapat pada paragraf tersebut! Contoh: Apa yang diperjuangkan oleh para pekerja?
B.Temukan makna kata atau istilah yang terdapat pada teks tersebut, kamu bisa menggunakan kamus untuk keakuratan jawabannya! Contoh, Momen: waktu, saat yang tepat
Paragraf pertama
hari libur tahunan, serikat buruh ,rentetan perjuangan, kelas pekerja,demonstrasi, Federation of Organized Trades and Labor Unions, titik masif
Paragraf kedua
era industri, kapitalisme industri, perubahan drastis,pengetatan disiplin, intensif, upah, kondisi kerja, menuai,pemogokan, pengorganisasinya, meja pengadilan, direduksi, jam kerja, agenda
untuk memudahkan mencari makna, istilah itu diurutkan secara alfabet, hasilnya sebagai berikut:
agenda ,demonstrasi, direduksi, era industri, Federation of Organized Trades and Labor Unions, hari libur tahunan,intensif, jam kerja, kapitalisme industri, kelas pekerja,kondisi kerja, meja pengadilan,  menuai,pemogokan,pengetatan disiplin, pengorganisasinya,perubahan drastis,rentetan perjuangan, serikat buruh ,titik masif upah,
C.Memanfaatkan kolom dalam menuliskan informasiyang ditemukan, hingga tampak fokus pemilahannya.
Paragraf
Informasi dalam Teks
Pertama
Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap orientasi adalah Hari Buruh
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum buruh
Peristiwa yang dimaksud terjadi setiap tanggal satu Mei
Peristiwa itu terjadi di .....
Peristiwa terjadi karena .....
Kedua

ketiga


Nomor
Waktu
Peristiwa
1
1856
Demonstrasi yang dilakukan para buruh di Australia
2

Pemogokan pertama kelas pekerja di Amerika Serikat
3

Demontrasi kaum buruh Amerika Serikat
4
3 Mei 1886


Tugas tambahan: Baca buku pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X  bagian pertama semester 1, bacalah Bab I tentang Hak Asasi Manusia. Di buku tersebut disebutkan peristiwa yang melibatkan Marsinah. Carilah informasi ini karena berkaitan dengan perburuhan di Indonesia. Gunakan pelacakan informasi dengan menggunakan kata tanya yang kita kenali dengan istilah 5W1H!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar