Pembangunan Konteks dan Pemodelan Teks Cerita
Sejarah
Sudahkah kamu membaca teks yang dimaksud pada
pembelajaran yang lalu, yakni membaca ‘Sejarah Hari Buruh’. Bagaimana peristiwa
hingga Ada Hari Buruh yang diperingati oleh orang masa kini? Di mana peristiwa
itu terjadi? Siapa saja atau pihak manakah
yang terlibat hingga terjadi peristiwa itu?
Ternyata untuk melacak jawaban atas pertanyaan
itu, kita berkepentingan dengan butir pertanyaan yang dikenal dengan singkatan
5W 1H, apa itu? Mungkin yang pernah mengikuti bimbingan Jurnalistik sekolah,
dalam menulis atau membuat berita misalnya, telah akrab dengan singkatan 5W 1H
ini. Yakni,kata tanya dalam bahasa Inggris, yang jika diindonesiakan : apa,
siapa, di mana, kapan,mengapa,bagaimana (What-Who-Where-When-Why-How).
Dengan informasi yang kita peroleh, dapat kita
catat ulang dan diurutkan periistiwanya, hal ini dikenal dengan urutan secara
kronologis. Bagaimana pun teks yang
tersaji selalu dimulai dengan memperkenalkan pokok pembicaraan pada bagian awal
tulisan yang biasa disebut Orientasi,
setelah itu barulah diikuti peristiwa-peristiwa. Itulah Struktur Teks Cerita
Sejarah.
Cobalah cermatik kembali teks ‘Sejarah Hari
Buruh’ (di sini dikutip sebagian)
1.Hari Buruh, yang dikenal juga dengan sebutan
May Day, dirayakan setiap 1 Mei. Di beberapa negara, Hari Buruh dijadikan hari
libur tahunan, yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan
keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Hari Buruh ini lahir dari rentetan
perjuangan kelas pekerja. Pada 1886, terjadi demonstrasi kaum buruh Amerika
Serikat yang menuntut pemberlakuan delalpan jam kerja. Federation of Organized
Trades and Labor Unions akhirnya menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh yang
diperingati oleh kaum buruh seluruh dunia. Penetapan ini dilakukan untuk
memperingati momen tuntutan delapan jam kerja sehari dan juga memberikan
semangat baru perjuangan kelas pekerja yang mencapai titik masif di era
tersebut.
2.Tuntutan kaum buruh ini bermula sejak era
industri di awal abad ke-19. Perkembangan kapitalisme industri menandakan
perubahan drastis ekonomi-politik, terutama di negara kapitalis Barat. Di
Amerika Serikat misalnya, pengetatan
disiplin dan pengintensifan jam kerja, minimnya upah, dan buruknya kondisi
kerja di tingkatan pabrik menuai amarah dan perlawanan dari kalangan kelas
pekerja. Pemogokan pertama kelas pekerja Amerika Serikat terjadi pada 1806 oleh
pekerja cordwainers. Pemogokan ini membawa para pengorganisasinya ke meja
pengadilan dan juga mengangkat fakta bahwa kelas pekerja di era tersebut
bekerja 19 hingga 20 jam sehari. Sejak saat itu, perjuangan untuk menuntut
direduksinya jam kerja menjadi agenda bersama kelas pekerja di Amerika Serikat.
Kegiatan 1
Marilah belajar memanfaatkan kata tanya untuk
menggali informasi atas sajian paragraf di atas.
A.Buatlah pertanyaan menggunakan kata tanya
(apa, siapa, di mana, kapan,mengapa,bagaimana ) yang jawabannya terdapat pada
paragraf tersebut! Contoh: Apa yang diperjuangkan oleh para pekerja?
B.Temukan makna kata atau istilah yang
terdapat pada teks tersebut, kamu bisa menggunakan kamus untuk keakuratan
jawabannya! Contoh, Momen: waktu, saat yang tepat
Paragraf pertama
hari libur tahunan, serikat buruh ,rentetan
perjuangan, kelas pekerja,demonstrasi, Federation of Organized Trades and Labor
Unions, titik masif
Paragraf kedua
era industri, kapitalisme industri, perubahan
drastis,pengetatan disiplin, intensif, upah, kondisi kerja, menuai,pemogokan,
pengorganisasinya, meja pengadilan, direduksi, jam kerja, agenda
untuk memudahkan mencari makna, istilah itu
diurutkan secara alfabet, hasilnya sebagai berikut:
agenda ,demonstrasi, direduksi, era industri,
Federation of Organized Trades and Labor Unions, hari libur tahunan,intensif,
jam kerja, kapitalisme industri, kelas pekerja,kondisi kerja, meja pengadilan, menuai,pemogokan,pengetatan disiplin,
pengorganisasinya,perubahan drastis,rentetan perjuangan, serikat buruh ,titik
masif upah,
C.Memanfaatkan kolom dalam menuliskan
informasiyang ditemukan, hingga tampak fokus pemilahannya.
Paragraf
|
Informasi dalam Teks
|
Pertama
|
Peristiwa yang diidentifikasi pada tahap
orientasi adalah Hari Buruh
Pelaku dalam peristiwa tersebut adalah kaum
buruh
Peristiwa yang dimaksud terjadi setiap
tanggal satu Mei
Peristiwa itu terjadi di .....
Peristiwa terjadi karena .....
|
Kedua
|
|
ketiga
|
|
Nomor
|
Waktu
|
Peristiwa
|
1
|
1856
|
Demonstrasi yang dilakukan para buruh di
Australia
|
2
|
|
Pemogokan pertama kelas pekerja di Amerika
Serikat
|
3
|
|
Demontrasi kaum
buruh Amerika Serikat
|
4
|
3 Mei 1886
|
|
Tugas tambahan: Baca buku pelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan kelas X bagian pertama
semester 1, bacalah Bab I tentang Hak Asasi Manusia. Di buku tersebut
disebutkan peristiwa yang melibatkan Marsinah. Carilah informasi ini karena
berkaitan dengan perburuhan di Indonesia. Gunakan pelacakan informasi dengan
menggunakan kata tanya yang kita kenali dengan istilah 5W1H!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar