Rabu, 20 Juli 2016

Menggali Kearifan dalam Peristiwa Sejarah Dunia

Selamat belajar di semester 1 siswa kelas XII
Sudah memperoleh buku paket sebagai penunjang belajar? Buku itu penting, dengan buku itu kita bisa banyak informasi dan pembimbingan langkah pembelajaran. Walaupun buku itu bukan satu satunya sumber informasi, setidaknya kita memperoleh referen, rujukan yang memandu pembelajaran terarah kepada yang diinginkan. Kurikulum 2013 memberi keleluasaan kepada pembelajar untuk memperoleh informasi dari berbagai sumber, termasuk dunia maya.
Para siswa, tulisan berikut sebagai pengantar pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII semua program (wajib).
Pertama harus kita pahami ranah yang akan kita pelajari. Buku paket yang tersedia pada semester 1 ini menyajikan tiga materi: yakni 1)Menggali Kearifan dalam Peristiwa Sejarah Dunia 2)Menyikapi Berita Dunia dari Semua Sudut Pandang, dan 3)Menarik Perhatian Konsumen melalui Keindahan Bahasa Iklan.
Kedua harus kita pahami masing-masing materi ada tugas dan kegiatan yang harus dilakukan, baik secara individu maupun secara kelompok. Sudahkah ada pembagian kelompok belajar di kelas? Atau, sudahkan mendapat pasangan belajar di kelas? Dengan berkelompok, memudahkan kita untuk belajar bekerja sama, dan memupuk tanggung jawab.
Sudah siapkah siswa belajar? Sudah siapkah  mengikuti kegiatan yang diarahkan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran?
Dengan diawali doa, memohon kemudahan kepada Allah agar pembelajaran ini berhasil, dan mendapat hasil yang mulia- sikap yang baik-pengetahuan baik, hingga berpengaruh dalam kepribadian unggul yang tentunya berpengaruh pada tatanan masyarakat yang unggul pula.
Mari kita mulai, Pelajaran pertama: Menggali Kearifan dalam Peristiwa Sejarah Dunia
 Pertanyaan A:  1)Mengapa kita perlu belajar sejarah? 2)Ketika kamu mengetahui bahwa bangsa Indonesia pernah dijajah Belanda selama 300 tahun apa reaksimu? 3)Ketika bangsa Jepang pernah menjajah Indonesia selama hampir empat tahun, bagaimana reaksimu?
Pertanyaan B: 4)Pernah mendengar nama Cut Nya Dien, Diponegoro ? Siapa mereka? Apa peran mereka yang kamu ketahui? Di kota mana dia dilahirkan dan di mana dia dikuburkan?
Pertanyaan C: 5)Pernah mendengar nama Marsinah dan Munir? Siapa mereka? Di bidang apa dia berperan?
Masuk ke materi:
1.Tuliskan tanggal-bulan-tahun, dan peristiwa yang terjadi!  Lakukan sebanyak 5 peristiwa!
(contoh 17 Agustus 1945 dibacakan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Ir.Soekarno)
2.Mari kita menggali peristiwa sejarah dunia dengan mempelajari catatan dan rekaman sejarah dari berbagai sumber. Bacalah teks berjudul ‘Sejarah Hari Buruh’ pada buku paket Bahasa Indonesia, ada 8 paragraf, pahamilah isinya, tuliskan butir-butir penting yang ada dalam teks itu! Lalu kumpulkan informasi dalam teks itu. Hasil pekerjaan bisa ditampilkan dalam bentuk kolom.
Kolomnya: Paragraf – Informasi dalam teks
Kolomnya: nomor – waktu – Peristiwa
Kolomnya: Paragraf – Penanda Waktu – Kata dalam kalimat
Pertanyaan akhir:
Bisakah siswa menunjukkan Struktur teks cerita sejarah
(sementara selesai, berikutnya dilanjutkan pembahasan ciri kebahasaan teks cerita sejarah)
 -selamat belajar semoga sukses- dari Agus Ahmad Hidayat – 20 Juli 2016 – Sawojajar Kotabumi Utara -





































Tidak ada komentar:

Posting Komentar